· Penjelasan tentang
Microsoft word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak
pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983
dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan
untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO
UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft
Office System 2003, 2007, 2010 diberi nama Microsoft Office Word.
Untuk memberikan perintah seperti membuka dokumen atau mencetak
dokumen, Microsoft Word menggunakan menu pada menu bar (biasanya di bagian atas
tampilan Microsoft Word) dan icon (gambar-gambar yang biasanya di bawah menu
bar, namun di atas dokumen yang sedang diolah). Menu adalah bentuk perintah
yang ditampilkan dalam bentuk simbol teks. Pada Microsoft Word. Menu di dalam
Word terdiri atas submenu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table,
Window, dan Help. Di dalam menu-menu tersebut terdapat banyak perintah yang
sudah terkategori menurut menu di atasnya. Menu File berisi perintah-perintah
yang berhubungan dengan file (berkas), menu Edit berisi perintah-perintah
penyuntingan, menu View berisi perintah-perintah pengaturan layar tampilan,
menu Insert berisi perintah-perintah untuk penyisipan, menu Format berisi perintah-perintah
untuk pengaturan cetakan atau format cetakan, menu Tools berisi
perintah-perintah alat bantu yang digunakan untuk melengkapi perintah-perintah
sebelumnya, menu Table berisi perintah- perintah yang berhubungan dengan tabel,
menu Window berisi perintah-perintah jendela kerja dan jendela objek lain, dan
menu Help berisi perintah meminta bantuan.
Ikon (icon) adalah bentuk perintah yang ditampilkan dalam bentuk simbol gambar yang mewakili operasi tertentu. Ikon merupakan simbol yang mudah dikenal oleh pengguna, dan tidak jarang gambarnya disesuaikan dengan karekter perintahnya misalnya menyimpan file disimbolkan dengan bentuk disket. Word lebih banyak menekankan kemudahan pengguna dengan memberikan bentuk ikon yang mudah di atur (customize) sesuai dengan kebutuhan pengguna agar layar tidak dipenuhi dengan ikon-ikon yang tidak dipakai.
1. Cara Mengaktifkan Microsoft Word
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan
2.Menu Edit
Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu edit.
Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu edit.
Gbr 1.3 Microsoft word 2003
1. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah
terlanjur dilaksanakan
2. Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
3. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
4. Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
5. Clear : Membersihkan
6. Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
7. Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
8. Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
9. Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
10. Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
11. Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan cepat
2. Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
3. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
4. Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
5. Clear : Membersihkan
6. Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
7. Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
8. Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
9. Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
10. Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
11. Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan cepat
3. Menu View
Menu
View berfungsi untuk mengatur
bagaimana tampilan dokumen. Berikut ini
gambar dan fungsi bagian yang ada di menu view.
1. Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
2. Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
3. Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
4. Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
5. Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
6.Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek
7. Headaer and Footer : Membuat judul berulang diatas
(header) dan dibawah (footer)
8. Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
9. Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen
8. Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
9. Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen
4. Menu Insert
Menu
Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu insert.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu insert.
1. Break : Berganti Halaman
2. Page Number : Penomoran halaman
3. Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
4. Symbol : Menyisip suatu simbol
5. Footnote : Membuat catatan kaki
6. Picture : Menyisip gambar
7. Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
8. Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
9. File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
10.Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja.
5. Menu Format
Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu format.
2. Page Number : Penomoran halaman
3. Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
4. Symbol : Menyisip suatu simbol
5. Footnote : Membuat catatan kaki
6. Picture : Menyisip gambar
7. Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
8. Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
9. File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
10.Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja.
5. Menu Format
Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu format.
Gbr 1.6 Microsoft word 2003
1. Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
2. Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
3. Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
4. Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
5. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
6. Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
7. Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
8. Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
9. Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
10. Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
11. Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
12. Styles and Formatting : Memformat jenis huruf
6. ICON
STANDARD
No
|
Icon
|
Nama Icon
|
Fungsi Icon
|
1
|
New Blank Document
|
Membuat dokumen baru
|
|
2
|
Open
|
Membuka dokumen yang
sudah di save
|
|
3
|
Save
|
Menyimpan dokumen
|
|
4
|
Permission
(Unrestricted Access)
|
Mengatur siapa yang
dapat mengedit file
|
|
5
|
E-mail
|
Mengirim dokumen ke
E-mail
|
|
6
|
Print
|
Print dokumen
|
|
7
|
Print Preview
|
Untuk melihat dokumen
yang mau diprint
|
|
8
|
Format Pointer
|
Menyalin format
|
|
9
|
Undo Typing
|
Mengulangi ketikan
|
|
10
|
Redo Typing
|
Mengembalikan ketikan
|
|
11
|
Insert Hyperlink
|
Mengarahkan document
yang akan dibuka
|
|
12
|
Tables and Borders
|
Mengatur tabel dan
garis batas tabel
|
|
13
|
Insert Table
|
Membuat tabel
|
|
14
|
Insert Microsoft Excel
Worksheet
|
Membuat tabel dengan
cara Microsoft Excel
|
|
15
|
Colums
|
Membuat kolom
|
|
16
|
Drawing
|
Memperlihatkan
icon-icon untuk menggambar
|
|
17
|
Document Map
|
Melihat map dokumen
|
|
18
|
Show/Hide
|
Memperlihatkan atau
menyembunyikan pengaturan paragraph
|
|
19
|
Zoom
|
Memperbesar atau
memperkecil dokumen
|
|
20
|
Microsoft Office Word
Help
|
Meminta pertolongan /
penjelasan tentang microsoft word
|
|
21
|
Read
|
Membaca dokumen
|
|
22
|
Close
|
Keluar dari Microsoft
word
|
|
23
|
Envelopes and Label
|
Mengirimkan dokumen
menjadi email
|
|
24
|
Find
|
Menemukan/ mencari
suatu kata
|
7. icon formatting
No
|
Icon
|
Nama Icon
|
Fungsi Icon
|
1
|
Styles and Formatting
|
Mengubah style format
huruf
|
|
2
|
Style
|
Mengubah style
|
|
3
|
Font
|
Mengubah font
|
|
4
|
Font Size
|
Mengubah ukuran huruf
|
|
5
|
Bold
|
Menebalkan huruf
|
|
6
|
Italic
|
Memiringkan huruf
|
|
7
|
Underline
|
Memberi garis bawah
huruf
|
|
8
|
Align Left
|
Mengetik rata kiri
|
|
9
|
Center
|
Mengetik di
tengah-tengah halaman
|
|
10
|
Align Right
|
Mengetik rata kanan
|
|
11
|
Justify
|
Mengetik rata kiri dan rata kanan
|
|
12
|
Line Spacing
|
Memberi jarak/ spasi
antar baris
|
|
13
|
Numbering
|
Memberi angka pada
setiap awal paragraph
|
|
14
|
Bullets
|
Memberi gambar/simbol
pada setiap awal paragraph
|
|
15
|
Decrease Indent
|
Memundurkan paragraph
|
|
16
|
Increase Indent
|
Memajukan paragraph
|
|
17
|
Outside Border
|
Menebalkan garis
|
|
18
|
Highlight
|
Memberi highlight
|
|
19
|
Font colour
|
Memberi warna pada
tulisan
|
8. icon drawing
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar